1. Kecenderungan umum yang dijadikan sebagai faktor
pendorong, K.H. A. Dahlan dalam mendirikan pendidikan Muhammadiyah adalah ....
a. pendidikan Islam yang diwakili pesantren
tradisional hanya mengajarkan ilmu agama.
b. bentuk
perlawanan terselubung terhadap kolonialisme Belanda
c. media
pembebasan masyarakat dari jerat kemiskinan
d. media
pembebasan masyarakat dari kebodohan
e. media
pembebasan masyarakat dari sistem kasta
2. Sistem
pendidikan yang dikembangkan K.H. A. Dahlan, merupakan hasil adaptasi dari
sistem pesantren tradisional dan sekolah Belanda. Diantara hal diadaptasi dari
pesantren tradisional adalah ....
a. metode
b. spirit keislaman
c. kurikulum
d. pengajar
e. sarana
dan prasarana
3. Diantara
andil pendidikan Muhammadiyah dalam Sistem Pendidikan Nasional, antara lain
....
a. pemerintah
membangun Sekolah Dasar Inpres
b. pemerintah
membuka luas bagi para guru honorer di sekolah sekolah pemerintah
c. keberadaan mata pelajaran agama
bersama-sama mata pelajaran umum
d. disusunnya
Kurikulum Nasional bagi seluruh lembaga pendidikan di Indonesia
e. semua
guru-guru di pendidkan Muhammadiyah diangkat sebagai guru pemerintah
4. “Mewujudkan
manusia muslim berakhlak mulia, cakap, percaya pada diri sendiri, berguna bagi
masyarakat dan negara”, merupakan ....
a. azas
pendidikan Muhammadiyah
b. metode
pendidikan Muhammadiyah
c. strategi
pendidikan Muhammadiyah
d. kurikulum
pendidikan Muhammadiyah
e. tujuan
pendidikan Muhammadiyah
5. “Kegiatan
pembelajaran mengenai hakekat, visi, dan misi pergerakan Muhammadiyah dalam
seluruh aspeknya dengan maksud menumbuhkan nilai-nilai dan sikap hidup Islami
sesuai Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw yang diwujudkan dalam pandangan,
pendirian, dan sikap hidup serta perjuangan dalam mmebela agama Islam.”, merupakan
pengertian ....
a. pendidikan kemuhammadiyahan
b. pendidikan
muhammadiyah
c. pendidikan
al-Islam
d. pendidikan
kader Muhammadiyah
e. gerakan
dakwah amar ma’ruf nahi munkar
6. “Memberi
pengertian atau pengetahuan tentang persyarikatan Muhammadiyah sebagai gerakan
Islam dan gerakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar.”, merupakan salah satu ....
a. azas
pendidikan Kemuhammadiyah
b metode
pendidikan Kemuhammadiyah
c. tujuan pendidikan Kemuhammadiyah
d. strategi
pendidikan Kemuhammadiyah
e. kurikulum
pendidikan Kemuhammadiyah
7. Pendidikan
Kemuhammadiyah memiliki kedudukan sebagai mata pelajaran yang ... diajarkan dan
dipelajari setiap pelajar Muhammadiyah.
a. pilihan
b. tambahan
c. wajib
d. ekstra
e. kondisional
8. Nilai-nilai
Pendidikan Kemuhammadiyahan, antara lain sebagai berikut, kecuali ....
a. Mengamalkan perilaku taklid terhadap
fatwa ulama Muhammadiyah
b. Mengamalkan
perilaku sebagai khalifah fil ardhi
c. Mengamalkan
dakwah amar ma’ruf nahi munkar
d. Menghindari
tindak kekerasan dan mengutamakan perdamaian
e. Mengamalkan
disiplin belajar dan gemar menuntut ilmu
9. Sikap
yang dapat dilakukan pelajar Muhammadiyah dalam meneladani kehidupan Nabi
Muhammad saw untuk mengarungi kehidupan era globalisasi adalah ....
a. mempelajari
sejarah Nabi Muhammad saw kemudian mendakwahkannya
b. mengagumi
Nabi Muhammad saw sebagai teladan yang baik
c. mempelajari sunnah Nabi Muhammad saw dan
menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
d. menyelenggarakan
dan melestarikan tradisi acara shalawatan
e. meneladani
dan membela keturuan Nabi Muhammad saw
10. Pelajar
Muhammadiyah harus taat pada perintah Allah Swt, beribadah kepada Allah Swt,
dan meninggalkan segala bentuk ibadah kepada selain Allah Swt. Hal ini
merupakan contoh perilaku pengamalan sebagai ....
a. khalifah
fil ardhi
b. hamba Allah Swt
c. amar
ma’ruf nahi munkar
d. disiplin
belajar
e. mujtahid
11. Yang dimaksud dengan janji pelajar Muhammadiyah adalah ....
a. materi pelajaran kemuhammadiyahan
b. cita-cita setiap pelajar di sekolah Muhammadiyah
c. rangkaian kalimat yang wajib dihafal oleh setiap
pelajar di sekolah Muhammadiyah
d.. tata tertib siswa di sekolah Muhammadiyah
e. sebuah
ucapan berupa komitmen atau janji yang diucapkan dan diamalkan oleh seluruh
pelajar Muhammadiyah
12. Pernyataan
awal dari janji pelajar Muhammadiyah adalah ...
a. Alhamdulillahi
rabbil ’alamiin
b. Assalamu’alaikum
wa rahmatullahi wa barakatuhu.
c. Bismillahirrahmaanirrahim
d. Asyhadu anla ilaaha illallah wa asyhadu
anna muhammadar rasulullah
e. Radhitu
billahi robba. Wabil islamidina. Wabi muhammadin nabiyya wa rasulla
13. Berdasarkan
Keputusan Induk Muktamar XVII IPM nomor VI-SK/A.2/PP.IPM-006/2010, butir-butir
Janji Pelajar Muhammadiyah teridiri ....
a. 7 butir
b. 6
butir
c. 8 butir
d. 9 butir
e. 5 butir
14. Pelajar
Muhammadiyah sudah semestinya mengutamakan perintah agama Islam dalam setiap
aktivitas-nya. Pelajar Muhammadiyah harus berperan serta dalam menyempurnakan
akhlaq mulia dan penguatan ke-Islam-an, terutama dalam pengkajian Al-Qur’an di
kalangan pelajar, diantaranya dengan gerakan membaca dan mengkaji Al-Qur’an,
merupakan makna butir Janji Pelajar Muhammadiyah ....
a. Bekerja
keras, mandiri, dan berprestasi
b. Berjuang menegakkan ajaran Islam
c. Siap
menjadi kader Muhammadiyah dan Bangsa
d. Rela
berkoban dan menolong sesama
e. Bersungguh-sungguh
dalam menuntut ilmu
15. Seorang
pelajar Muhammadiyah semestinya memiliki komitmen yang tinggi dalam menuntut
ilmu. Karena menuntut ilmu adalah perintah agama. Karena dengan ilmu manusia
dapat meraih dunia dan meraih akhirat. Kedalaman ilmu akan menghasilkan sikap
kritis dan terbuka dengan akal sehat. Hal ini menjadi kesatuan antara ilmu,
amal, dan iman, merupakan penjabaran dari Janji Pelajaran Muhammadiyah yang
berkaitan dengan ....
a. Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu
b. Berjuang
menegakkan ajaran Islam
c. Hormat
dan patuh terhadap orang tua dan guru
d. Bekerja
keras, mandiri, dan berprestasi
e. Siap
menjadi kader Muhammadiyah dan Bangsa
16. Seorang
pelajar Muhammadiyah harus siap sedia dan selalu menjaga tata karma dalam
hubungan sosialisasi dengan orang tua
dan guru. Pelajar Muhammadiyah hendaknya menumbuhkan sikap khusnudzan dan
tsiqah kepada orang tua dan guru atas perintah dan larangannya, selama tidak
melanggar aturan dari Allah dan Rasul-Nya, merupakan penjabaran dari Janji Pelajaran
Muhammadiyah yang berkaitan dengan ....
a. Berjuang
menegakkan ajaran Islam
b. Bersungguh-sungguh
dalam menuntut ilmu
c. Bekerja
keras, mandiri, dan berprestasi
d. Hormat dan patuh terhadap orang tua dan
guru
e. Rela
berkorban dan menolong sesama
17. Salah
satu pengamalan Janji Pelajar Muhammadiyah untuk bekerja keras, mandiri, dan
berprestasi adalah ....
a. membiasakan
diri mengucapkan salam atau permisi ketika melewati sekumpulan orang
b. turut
berbela sungkawa dan memberikan sumbangan bagi para korban bencana alam
c. selalu berupaya untuk rajin belajar dan
berusaha membantu meringankan beban orangtua
d. ikut
berpartisipasi dalam kegiatan dakwah menyebarkan ajaran agama Islam di
masyarakat
e. bersikap
sopan santun serta ramah ketika berkomunikasi dengan orang lain
18. Mencegah
orang lain dari menggunakan narkoba, merupakan perwujudan nilai-nilai
pendidikan kemuhammadiyahan dalam hal ...
a. Amar ma’ruf nahi munkar
b. Menghindari
tindak kekerasan dan suka terhadap perdamaian
c. Disiplin
belajar dan gemar menuntut ilmu
d. Perilaku
sebagai hamba Allah SWT
e. Perilaku
sebagai khalifatullah
19. Ketika
waktu shalat telah tiba. Fulan mengingatkan dan mengajak teman-teman sekelasnya
untuk segera mengambil air wudlu dan melaksanakan shalat berjamaah di masjid.
Hal ini sejalan dengan penerapan dari ciri-ciri seorang Pelajar Muhammadiyah,
yaitu ....
a. aktif dalam pergerakan amar ma’ruf nahi
mungkar
b. rela
berkorban mengingatkan sesama
c. berlomba-lomba
dalam kebaikan
d. sopan
santun dan tata krama
e. mengamalkan
ajaran Islam
20. Bersikap
adil, ramah dan penuh kasih sayang terhadap semua makhluk ciptaan Allah swt,
merupakan perwujudan nilai-nilai pendidikan kemuhammadiyahan dalam hal ...
c. Perilaku
sebagai hamba Allah SWT
b. Perilaku sebagai khalifatul fil ardhi
c. Amar
ma’ruf nahi munkar
d. Menghindari
tindak kekerasan dan suka terhadap perdamaian
e. Disiplin
belajar dan gemar menuntut ilmu
21. Memberikan
lahan latihan berorganisasi bagi siswa melalui IPM (Ikatan Pelajar
Muhammadiyah) sebagai satu-satunya organisasi siswa intra sekolah yang ada di
sekolah Muhammadiyah, merupakan fungsi pendidikan kemuhammadiyahan bagi para
siswa SMK dalam hal ....
a. Organisasi
Muhammadiyah
b. Amal
Usaha Muhammadiyah
c. Praktik berorganisasi
d. Peranan
Muhammadiyah
e. Sejarah
Muhammadiyah
22. Dampak
dari menjauhnya umat Islam dari Al-Qur’an dan As-Sunah adalah kemunduran umat
Islam dalam bidang keagamaan yang masih terasa sampai saaat ini adalah ....
a. banyaknya
kerusuhan dan permusuhan disebabkan perebutan kekuasaan dalam pemerintahan
b. lemahnya
kondisi sosial, politik, dan kekuasaan sehingga banyak negara yang mayoritas
berpenduduk muslim dijajah oleh bangsa Barat
c. masyarakat
yang semakin sibuk bekerja untuk memenuhi kebahagiaan duniawi semata hingga
melupakan kebahagiaan di akhirat
d. banyaknya masyarakat yang mengikuti suatu
ajakan atau ajaran tanpa tahu dasar hukum atau alasan dilaksanakan ajaran
tersebut.
e. pendidikan
pesantren belum berfungsi sebagai pusat dakwah Islam dan belum bisa menjawab
perkembangan zaman
23. Diantara
faktor yang mendorong Persyarikatan Muhammadiyah didirikan adalah umat Islam
banyak yang terjangkiti penyakit syirik, taklid, takhayul, bid’ah, dan
churafat. Yang dimaksud penyakit syirik adalah ....
a. iri
atas karunia Allah yang diberikan kepada orang lain
b. menyekutukan Allah dengan seuatu
c. mempercayai
akan datangnya musibah karena membunuh kucing atau hewan lain
d. melakukan
ibadah yang tidak pernah diajarkan dan diamalkan oleh Rasulullah Muhammad saw
e. mengikuti
suatu ajakan atau ajaran tanpa tahu dasar hukum atau alasan dilaksanakan ajaran
tersebut
24. Mengkait-kaitkan
kejadian-kejadian yang dianggap aneh dengan legenda atau dongeng tentang alam
gaib ataupun makhluk gaib, disebut ...
b. Taklid
c. Bid’ah
c. Churafat
d. Syirik
e. Takhayul
25. Pada
masa awal berdirinya Muhammadiyah, anak didik yang beragama Islam di
sekolah-sekolah Belanda, hanya diajarkan ilmu pengetahuan umum dan budaya Barat
dan dijauhkan dari pelajaran agama Islam. Hal ini mengakibatkan ....
a. pendidikan
di pesantren hanya mengajarkan kitab-kitab klasik karangan ulama klasik
b. misi kristenisasi Belanda berjalan
melalui jalur pendidikan
c. pesantren-pesantren
menjadi maju pesat
d. munculnya
politik etik oleh Belanda bagi warga pribumi
e. umat
Islam banyak yang terjangkiti penyakit syirik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar