Kamis, 01 Oktober 2020

SOAL PTS KEMUH KELAS X

 

1. Kecenderungan umum yang dijadikan sebagai faktor pendorong, K.H. A. Dahlan dalam mendirikan pendidikan Muhammadiyah adalah ....

a.       pendidikan Islam yang diwakili pesantren tradisional hanya mengajarkan ilmu agama.

b.       bentuk perlawanan terselubung terhadap kolonialisme Belanda

c.       media pembebasan masyarakat dari jerat kemiskinan

d.       media pembebasan masyarakat dari kebodohan

e.       media pembebasan masyarakat dari sistem kasta

2.       Sistem pendidikan yang dikembangkan K.H. A. Dahlan, merupakan hasil adaptasi dari sistem pesantren tradisional dan sekolah Belanda. Diantara hal diadaptasi dari pesantren tradisional adalah ....

a.       metode

b.       spirit keislaman

c.       kurikulum

d.       pengajar

e.       sarana dan prasarana

3.       Diantara andil pendidikan Muhammadiyah dalam Sistem Pendidikan Nasional, antara lain ....

a.       pemerintah membangun Sekolah Dasar Inpres

b.       pemerintah membuka luas bagi para guru honorer di sekolah sekolah pemerintah

c.       keberadaan mata pelajaran agama bersama-sama mata pelajaran umum

d.       disusunnya Kurikulum Nasional bagi seluruh lembaga pendidikan di Indonesia

e.       semua guru-guru di pendidkan Muhammadiyah diangkat sebagai guru pemerintah

4.       “Mewujudkan manusia muslim berakhlak mulia, cakap, percaya pada diri sendiri, berguna bagi masyarakat dan negara”, merupakan ....

a.       azas pendidikan Muhammadiyah

b.       metode pendidikan Muhammadiyah

c.       strategi pendidikan Muhammadiyah

d.       kurikulum pendidikan Muhammadiyah

e.       tujuan pendidikan Muhammadiyah

5.       “Kegiatan pembelajaran mengenai hakekat, visi, dan misi pergerakan Muhammadiyah dalam seluruh aspeknya dengan maksud menumbuhkan nilai-nilai dan sikap hidup Islami sesuai Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw yang diwujudkan dalam pandangan, pendirian, dan sikap hidup serta perjuangan dalam mmebela agama Islam.”, merupakan pengertian ....

a.       pendidikan kemuhammadiyahan

b.       pendidikan muhammadiyah

c.       pendidikan al-Islam

d.       pendidikan kader Muhammadiyah

e.       gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar

6.       “Memberi pengertian atau pengetahuan tentang persyarikatan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan gerakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar.”, merupakan salah satu ....

a.       azas pendidikan Kemuhammadiyah

b        metode pendidikan Kemuhammadiyah

c.       tujuan pendidikan Kemuhammadiyah

d.       strategi pendidikan Kemuhammadiyah

e.       kurikulum pendidikan Kemuhammadiyah

7.       Pendidikan Kemuhammadiyah memiliki kedudukan sebagai mata pelajaran yang ... diajarkan dan dipelajari setiap pelajar Muhammadiyah.

a.       pilihan

b.       tambahan

c.       wajib

d.       ekstra

e.       kondisional

8.       Nilai-nilai Pendidikan Kemuhammadiyahan, antara lain sebagai berikut, kecuali ....

a.       Mengamalkan perilaku taklid terhadap fatwa ulama Muhammadiyah

b.       Mengamalkan perilaku sebagai khalifah fil ardhi

c.       Mengamalkan dakwah amar ma’ruf nahi munkar

d.       Menghindari tindak kekerasan dan mengutamakan perdamaian

e.       Mengamalkan disiplin belajar dan gemar menuntut ilmu

9.       Sikap yang dapat dilakukan pelajar Muhammadiyah dalam meneladani kehidupan Nabi Muhammad saw untuk mengarungi kehidupan era globalisasi adalah ....

a.       mempelajari sejarah Nabi Muhammad saw kemudian mendakwahkannya

b.       mengagumi Nabi Muhammad saw sebagai teladan yang baik

c.       mempelajari sunnah Nabi Muhammad saw dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari

d.       menyelenggarakan dan melestarikan tradisi acara shalawatan

e.       meneladani dan membela keturuan Nabi Muhammad saw

10.     Pelajar Muhammadiyah harus taat pada perintah Allah Swt, beribadah kepada Allah Swt, dan meninggalkan segala bentuk ibadah kepada selain Allah Swt. Hal ini merupakan contoh perilaku pengamalan sebagai ....

a.       khalifah fil ardhi

b.       hamba Allah Swt

c.       amar ma’ruf nahi munkar

d.       disiplin belajar

e.       mujtahid

11.     Yang dimaksud dengan janji pelajar Muhammadiyah adalah ....

a.       materi pelajaran kemuhammadiyahan

b.       cita-cita setiap pelajar di sekolah Muhammadiyah

c.       rangkaian kalimat yang wajib dihafal oleh setiap pelajar di sekolah Muhammadiyah

d..      tata tertib siswa di sekolah Muhammadiyah

e.       sebuah ucapan berupa komitmen atau janji yang diucapkan dan diamalkan oleh seluruh pelajar Muhammadiyah

12.     Pernyataan awal dari janji pelajar Muhammadiyah adalah ...

a.       Alhamdulillahi rabbil ’alamiin

b.       Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu.

c.       Bismillahirrahmaanirrahim

d.       Asyhadu anla ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah

e.       Radhitu billahi robba. Wabil islamidina. Wabi muhammadin nabiyya wa rasulla

13.     Berdasarkan Keputusan Induk Muktamar XVII IPM nomor VI-SK/A.2/PP.IPM-006/2010, butir-butir Janji Pelajar Muhammadiyah teridiri ....

a.       7  butir

b.       6  butir

c.       8  butir

d.       9  butir

e.       5  butir

14.     Pelajar Muhammadiyah sudah semestinya mengutamakan perintah agama Islam dalam setiap aktivitas-nya. Pelajar Muhammadiyah harus berperan serta dalam menyempurnakan akhlaq mulia dan penguatan ke-Islam-an, terutama dalam pengkajian Al-Qur’an di kalangan pelajar, diantaranya dengan gerakan membaca dan mengkaji Al-Qur’an, merupakan makna butir Janji Pelajar Muhammadiyah ....

a.       Bekerja keras, mandiri, dan berprestasi

b.       Berjuang menegakkan ajaran Islam

c.       Siap menjadi kader Muhammadiyah dan Bangsa

d.       Rela berkoban dan menolong sesama

e.       Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu

15.     Seorang pelajar Muhammadiyah semestinya memiliki komitmen yang tinggi dalam menuntut ilmu. Karena menuntut ilmu adalah perintah agama. Karena dengan ilmu manusia dapat meraih dunia dan meraih akhirat. Kedalaman ilmu akan menghasilkan sikap kritis dan terbuka dengan akal sehat. Hal ini menjadi kesatuan antara ilmu, amal, dan iman, merupakan penjabaran dari Janji Pelajaran Muhammadiyah yang berkaitan dengan ....

a.       Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu

b.       Berjuang menegakkan ajaran Islam

c.       Hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru

d.       Bekerja keras, mandiri, dan berprestasi

e.       Siap menjadi kader Muhammadiyah dan Bangsa

16.     Seorang pelajar Muhammadiyah harus siap sedia dan selalu menjaga tata karma dalam hubungan sosialisasi  dengan orang tua dan guru. Pelajar Muhammadiyah hendaknya menumbuhkan sikap khusnudzan dan tsiqah kepada orang tua dan guru atas perintah dan larangannya, selama tidak melanggar aturan dari Allah dan Rasul-Nya, merupakan penjabaran dari Janji Pelajaran Muhammadiyah yang berkaitan dengan ....

a.       Berjuang menegakkan ajaran Islam

b.       Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu

c.       Bekerja keras, mandiri, dan berprestasi

d.       Hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru

e.       Rela berkorban dan menolong sesama

17.     Salah satu pengamalan Janji Pelajar Muhammadiyah untuk bekerja keras, mandiri, dan berprestasi adalah ....

a.       membiasakan diri mengucapkan salam atau permisi ketika melewati sekumpulan orang

b.       turut berbela sungkawa dan memberikan sumbangan bagi para korban bencana alam

c.       selalu berupaya untuk rajin belajar dan berusaha membantu meringankan beban orangtua

d.       ikut berpartisipasi dalam kegiatan dakwah menyebarkan ajaran agama Islam di masyarakat

e.       bersikap sopan santun serta ramah ketika berkomunikasi dengan orang lain

18.     Mencegah orang lain dari menggunakan narkoba, merupakan perwujudan nilai-nilai pendidikan kemuhammadiyahan dalam hal ...

a.       Amar ma’ruf nahi munkar

b.       Menghindari tindak kekerasan dan suka terhadap perdamaian

c.       Disiplin belajar dan gemar menuntut ilmu

d.       Perilaku sebagai hamba Allah SWT

e.       Perilaku sebagai khalifatullah

19.     Ketika waktu shalat telah tiba. Fulan mengingatkan dan mengajak teman-teman sekelasnya untuk segera mengambil air wudlu dan melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Hal ini sejalan dengan penerapan dari ciri-ciri seorang Pelajar Muhammadiyah, yaitu ....

a.       aktif dalam pergerakan amar ma’ruf nahi mungkar

b.       rela berkorban mengingatkan sesama

c.       berlomba-lomba dalam kebaikan

d.       sopan santun dan tata krama

e.       mengamalkan ajaran Islam

20.     Bersikap adil, ramah dan penuh kasih sayang terhadap semua makhluk ciptaan Allah swt, merupakan perwujudan nilai-nilai pendidikan kemuhammadiyahan dalam hal ...

c.       Perilaku sebagai hamba Allah SWT

b.       Perilaku sebagai khalifatul fil ardhi

c.       Amar ma’ruf nahi munkar

d.       Menghindari tindak kekerasan dan suka terhadap perdamaian

e.       Disiplin belajar dan gemar menuntut ilmu

21.     Memberikan lahan latihan berorganisasi bagi siswa melalui IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) sebagai satu-satunya organisasi siswa intra sekolah yang ada di sekolah Muhammadiyah, merupakan fungsi pendidikan kemuhammadiyahan bagi para siswa SMK dalam hal ....

a.       Organisasi Muhammadiyah

b.       Amal Usaha Muhammadiyah

c.       Praktik berorganisasi

d.       Peranan Muhammadiyah

e.       Sejarah Muhammadiyah

22.     Dampak dari menjauhnya umat Islam dari Al-Qur’an dan As-Sunah adalah kemunduran umat Islam dalam bidang keagamaan yang masih terasa sampai saaat ini adalah ....

a.       banyaknya kerusuhan dan permusuhan disebabkan perebutan kekuasaan dalam pemerintahan

b.       lemahnya kondisi sosial, politik, dan kekuasaan sehingga banyak negara yang mayoritas berpenduduk muslim dijajah oleh bangsa Barat

c.       masyarakat yang semakin sibuk bekerja untuk memenuhi kebahagiaan duniawi semata hingga melupakan kebahagiaan di akhirat

d.       banyaknya masyarakat yang mengikuti suatu ajakan atau ajaran tanpa tahu dasar hukum atau alasan dilaksanakan ajaran tersebut.

e.       pendidikan pesantren belum berfungsi sebagai pusat dakwah Islam dan belum bisa menjawab perkembangan zaman

23.     Diantara faktor yang mendorong Persyarikatan Muhammadiyah didirikan adalah umat Islam banyak yang terjangkiti penyakit syirik, taklid, takhayul, bid’ah, dan churafat. Yang dimaksud penyakit syirik adalah ....

a.       iri atas karunia Allah yang diberikan kepada orang lain

b.       menyekutukan Allah dengan seuatu

c.       mempercayai akan datangnya musibah karena membunuh kucing atau hewan lain

d.       melakukan ibadah yang tidak pernah diajarkan dan diamalkan oleh Rasulullah Muhammad saw

e.       mengikuti suatu ajakan atau ajaran tanpa tahu dasar hukum atau alasan dilaksanakan ajaran tersebut

24.     Mengkait-kaitkan kejadian-kejadian yang dianggap aneh dengan legenda atau dongeng tentang alam gaib ataupun makhluk gaib, disebut ...

b.       Taklid       

c.       Bid’ah

c.       Churafat

d.       Syirik

e.       Takhayul

25.     Pada masa awal berdirinya Muhammadiyah, anak didik yang beragama Islam di sekolah-sekolah Belanda, hanya diajarkan ilmu pengetahuan umum dan budaya Barat dan dijauhkan dari pelajaran agama Islam. Hal ini mengakibatkan ....

a.       pendidikan di pesantren hanya mengajarkan kitab-kitab klasik karangan ulama klasik

b.       misi kristenisasi Belanda berjalan melalui jalur pendidikan

c.       pesantren-pesantren menjadi maju pesat

d.       munculnya politik etik oleh Belanda bagi warga pribumi

e.       umat Islam banyak yang terjangkiti penyakit syirik

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BELA DIRI INDONESIA